Strategi Internasional
Pengertian Strategi Internasional
Manajemen strategi internasional adalah proses perencanaan manajemen yang komprehensif dan berkelanjutan untuk merumuskan dan menerapkan strategi yang memungkinkan perusahaan untuk bersaing secara efektif dan internasional.
Strategi Planning (Perencanaan Strategi)
Proses pengembangan strategi internasional adalah tanggung jawab eksekutif level di kantor pusat serta manajer senior pada anak perusahaan domestik dan asing.
Komponen Strategi Internasional :
1. Komponen Unik
Berupa teknologi yang canggih, jaringan distribusi yang efisien, dan organisasi penjualan yang sangat baik atau merek terkenal.
2. Lingkup Operasi
Berupa satu wilayah geografis (seperti negara, wilayah dalam suatu negara dan/atau sekelompok negara) atau ceruk (seperti ceruk pasar untuk produk berkualitas),
3. Penggunaan Sumber Daya
Dapat ditentukan oleh lini produk, wilayah geografis, atau dapat menggunakan keduanya. Bagian dari rencana strategis ini menentukan prioritas relatif dari sumber daya perusahaan yang terbatas.
4. Sinergi
Menciptakan situasi khusus di mana keseluruhan lebih baik daripada beberapa bagiannya.
Langkah-Langkah dalam Menyusun Strategi Internasional :
1. Menyiapkan Pernyataan Misi
Menentukan nilai, tujuan, dan arah perusahaan, serta digunakan sebagai alat komunikasi.
2. Melakukan Analisa SWOT
Melakukan penilaian terhadap lingkungan eksternal dan internal perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan.
3. Menentukan Tujuan Strategis
Manfaatkan kekuatan dan peluang yang ada di lingkungan perusahaan, menetralisir ancaman eksternal serta mengatasi kelemahannya.
4. Menyusun Sasaran dan Rencana Taktis
Menyusun cara untuk mencapai sasaran strategi dan memberikan pedoman untuk menjalankan aktivitas perusahaan sehari-hari.
5. Pengembangan Kerangka Kerja Pengendalian
6. Merumuskan sistem, serta proses manajerial dan organisasi.
Beberapa cara memasuki pasar Global :
1. Exporting
2. Direct Esporting
3. Intracorporate Transfer
4. International Licensing
5. International Franchising
6. Kontrak Manajemen
7. Kontrak Manufaktur
Komentar
Posting Komentar