Tata Kelola Korporate Yang Baik

Tata Kelola

Dalam suatu organisasi atau perusahaan terdapat suatu pengelolaan perusahaan yang baik untuk meningkatkan perusahaan agar dapat memenuhi target yang di inginkan. Tata Kelola Perusahaan dapat memberikan nilai positif kepada perusahaan itu sendiri, karena penataan dan pengelolaan yang baik dalam perusahaan dapat memberikan efek yang baik bagi perusahaan tersebut.


Prinsip Tata Kelola Dalam Perusahaan

Dalam menerapkan Tata Kelola dan penataan perusahaan yang baik terdapat prinsip sebagai pedoman dan arah perusahaan di dalam melakukan penataan dan pengelolaan perusahaan dengan baik. Setiap perusahaan atau organisasi tentunya memiliki prinsip – prinsip yang berbeda tergantung pada apa dan di mana perusahaan tersebut berjalan. Contohnya seperti perusahaan finansial memiliki prinsip yang tentunya berbeda dengan prinsip dari perusahaan pengembang jaringan internet.


Manfaat Tata Kelola Dalam Perusahaan

1. Membuat lingkungan di dalam organisasi terlihat lebih tertata dan rapi sesuai dengan bagian masing-masing sub system suatu perusahaan.

2. Mempermudah manajer perusahaan dalam mengelola serta mengorganisir setiap sub system yang ada di dalam perusahaan.

3. Mempermudah komunikasi antar sub system di dalam perusahaan karena semua bagian perusahaan sudah dipilah dan dipilih sesuai dengan fungsinya masing-masing.

4. Memperlancar kinerja dan aktivitas serta memberikan keefisiensian kerja di dalam suatu perusahaan tersebut.


Implementasi Tata Kelola

Dalam melakukan pengelolaan dan penataan perusahaan dengan baik dan benar, terdapat implementasi sebagai bentuk nyata akan kesungguhan perusahaan di dalam menerapkan GCG (Good Corporate Governance) yang ada. Seperti :

Visi dan Misi Perusahaan:
Perusahaan pada awalnya harus memiliki visi dan misi yang jelas.

Tujuan perusahaan:
Perusahaan haruslah memiliki tujuan yang baik dan benar.

Kebijakan perusahaan:
Perusahaan juga harus memiliki kebijakan yang jelas dan tegas.

Struktur perusahaan:
Perusahaan haruslah memiliki struktur yang tertata dengan baik dan jelas supaya mempermudah komunikasi dan lebih terorganisir dengan baik.

Pengelolaan perusahaan:
Pengelolaan sebagai manajemen yang mengatur seluruh unsur – unsur di dalam perusahaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Dan Desain Organisasi